SUBDISIPLIN PSIKOLINGUISTIK
a.
Psikolinguistik Teoritis
Subdisiplin ini
membahas teori-teori bahasa yang berkaitan dengan proses-proses mental manusia
dalam berbahasa, misalnya dalam
rancangan fonetik, rancangan pilihan kata, rancangan sintaksis,
rancangan wacana dan rancangan intonasi.
b.
Psikolinguistik Perkembangan
Subdisiplin ini
berkaitan dengan proses pemerolehan bahasa, baik pemerolehan bahasa pertama
(BI) maupun pemerolehan bahasa kedua (B2). Subdisiplin ini mengkaji proses
pemerolehan fonologi, proses pemerolehan sintaksis secara berjenjang, bertahap
dan terpadu.
c.
Psikolinguistik Sosial
Subdisiplin ini
berkenaan dengan aspek-aspek social bahasa. Bagi suatu masyarakat bahasa,
bahasa itu bukan merupakan satu gejala dan identitas social saja, tetapi juga
merupakan suatu ikatn batin dan nurani yang sukar di tinggalkan.
d.
Psikolinguistik
pendidikan
Subdisiplin ini
mengkaji aspek-aspek pendidikan secara umum dalam pendidikan formal di sekolah.
Umpamanya peranan bahasa dalam pengajaran membaca, pengajaran kemahiran
berbahasa, dan pengetahuan mengenai peningkatan kemampuan berbahasa dalam
proses memperbaiki kemampuan menyampaikan pikiran dan perasaan.
e.
Psikolinguistik-Neurologi (Neuropsikolinguistik)
Subdisiplin ini
mengkaji hubungan antar bahasa, berbahasa, dan otak manusia. Para pkar
neurologi telah berhasil menganalisis struktur biologis otak, serta telah memberi
nama pada bagian-bagian struktur otak itu. Namun ada pertanyaan yang belum di
jawab secara lengkap, yaitu apa yang terjadi pada masukan bahasa dan bagaimana
keluaran bahasa diprogramkan dn bentuk daslam otak itu.
f.
Psikolinguistik Eksperimen
Subdisiplin ini
meliput dan melakukan eksperimen dalam semua kegiatan bahasa dan berbahasa pada
satu pihak dan perilaku berbahasa dan akibat berbahasa pada pihak lain.
g.
Psikolinguistik Terapan
Subdisiplin ini
berkaitan dengan penerapan dari temuan-temuan enam subdisiplin psikolinguistik
di atas ke dalam bidang-bidang tertentu yang memerlukannya. Yang termasuk
subdisiplin ini ialah psikologi, linguistic, pertuturan dan pemahaman,
pembelajaran bahasa, pengajaran membaca neurologi, psikiatri, komunikasi, dan
susastra.
INDUK DISIPLIN PSIKOLINGUISTIK
Karena nama psikolinguistik merupakan gabungan dari psikologi dan linguistic,
maka muncul pertanyaa : apa induk disiplin psikolinguistik, linguistic atau
psikologi. Beberapa pakar berpendapat, psikolinguistik berinduk pada psikologi
karena istilah itu merupakan nama baru dari psikologi bahasa (psychology of
language) yang telah di kenal beberapa waktu sebelumnya.
Namun di Amerika Serikat pada umumnya, psikolinguistik di anggap
sebagai cabang dari linguistic, meskipun Noam Chomsky, tokoh lingnuistik
genertif transformasi yang terkenal itu, cenderung menempatkan psikolinguistik
sebagai cabang psikologi. Di perancis pada tahun enam puluhan, Psikolinguistik
di kembangkan oleh pakar psikologi, sedangkan di Inggris, psikolinguistik di
kembangkan oleh pakar linguistic yang bekerja sama dengan beberapa pakar
psikologi dari Inggris dan Amerika Serikat. Di Rusia psikolinguistik telah di
kembangkan oleh para pakar linguistic pada Institut Linguistik Moskow.
Sebaliknya, di Rumania ada kecenderungan menempatkan psikolinguistik sebagai
satu disiplin mandiri, tetapi penerapannya lebih banyak di ambil oleh linguistic.
Bagaimana dengan di Indonesi ? tampaknya psikolinguistik di
kembangkan di bidang linguistic pada fakultas-fakultas pendidikan bahasa, dan
belum pada program nonkependidikan bahasa. Psikolinguistik yang di kembangkan
dalam pendidikan bahasa sudah seharusnya di serasikan dengan perkembangan linguistic
dan perkembangan psikologi. Untuk itu di tuntut adanya penguasaan yang seimbang
akan teori-teori psikologi. lalu, yang patut di kembangkan dalam pendidikan
bahasa adalah subdisiplin psikolinguistik perkembangan dan psikolinguistik
pendidikan.
Best Merit Casino Canada » Best Casinos for Canada
BalasHapusMerit Casino Canada 카지노 is a safe and secure way to play with 메리트카지노 real worrione money from Canadian Casinos. They also provide a safe and secure way to test out